Wednesday, June 10, 2009

10 Cara Mempercepat Instalasi Linux Anda

Walaupun Linux adalah sebuah operating system (OS) yang sudah cukup efisien, masih ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mempercepat OS tersebut. Dengan sedikit panduan dan kemauan untuk memasukkan beberapa perintah di terminal, anda dapat membuat OS anda lebih cepat lagi.

Catatan: banyak dari modifikasi di bawah ini mengubah konfigurasi sistem anda. Setiap kali anda mengubah sebuah system file, backup file itu terlebih dahulu. Apabila anda ragu - ragu, jangan lakukan sama sekali.

Hentikan proses yang tidak berguna
Cara termudah dan teraman untuk memperbesar memori yang tersedia di semua sistem Linux adalah dengan menghentikan program - program dan proses yang bekerja di background yang tidak diperlukan, lalu modifikasi sistem anda untuk mengingat preferensi anda.

Kebanyakan distribusi Linux memiliki alat di menu "System" atau "Administration" yang memungkinkan anda untuk melihat proses yang sedang bekerja dan menghentikannya. Di Ubuntu, ada dua cara yaitu dengan membuka "System -> Preferences -> Sessions" atau "System -> Administration -> Services".

Image Hosted by ImageShack.usDi semua distribusi Linux yang saya pakai, ada beberapa program startup yang selalu saya matikan dari menu di atas. Saya tidak mensinkronisasi ponsel say ake komputer dan menggunakan Thunderbird menggantikan Evolution yang menjadi default, jadi Bluetooth Manager dan Evolution Alarm Notifier adalah yang pertama yang saya matikan. Sebelum mengubah konfigurasi lainnya, bacalah panduan ExtremeTech ini untuk mencari apa yang aman untuk dimatikan. Seperti yang ditulis di situ, Ubuntu (begitupun kebanyakan alat GUI distro lain) hanya melihat beberapa proses yang dioperasikan komputer anda. Apabila anda benar - benar mau merombak sistem anda, instal saja paket sysv-rc-conf yang ada di berbagai distro dan matikanlah background proses yang tidak berguna.

Image Hosted by ImageShack.usInstal aplikasi yang lebih ringan dan cepat
Program - program lengkap mudah pakai dengan fitur lengkap seperti Firefox, OpenOffice.org dan Amarok adalah sebuah alasan penting berkembangnya pesatnya komunitas Linux. Akan tetapi, untuk komputer yang memiliki memori kecil, mereka dapat melambatkan komputer anda. Untuk anda yang hanya membutuhkan aplikasi sederhana yang cepat, pakailah alternatif berikut ini:
  • Aplikasi Office: AbiWord, Gnumeric atau KOffice
  • File browsing: Thunar dan PCMan
  • Web browser: Opera, Konquerer - masih ada lagi beberapa browser yang sangat ringan seperti Dillo, Epiphany dan sebagainya, akan tetapi mereka kurang enak dipakai.

Hapus virtual terminal yang berlebih
Virtual terminal memang merupakan sebuah alat yang berguna, memungkinkan anda untuk berpindah ke command line untuk memperbaiki sebuah sistem yang telah crash. Akan tetapi banyak distro Linux yang datang dengan enam buah virtual terminal sekaligus, yang biasanya agak berlebihan. Biasanya anda dapat menghentikan lima tanpa konsekuensi apapun. Apabila anda menggunakan Gutsy, buka terminal dan ketik perintah:
    cd /etc/event.d
    sudo mv tty3 tty3.bak
    sudo mv tty4 tty4.bak

    ...dan seterusnya, hingga file tty6.

Apabila anda masih menggunakan Feisty atau distro Linux lainnya, anda kemungkinan harus mengubah file di "/etc/inittab" dan tambahkan sebuah "#" (tanpa tanda kutip tentunya) di depan baris - baris yang berakhir dengan tty3, tty4 dan seterusnya.

Kurangi penggunaan swap
Image Hosted by ImageShack.usApabila sistem anda memiliki memori yang cukup untuk menjalankan program yang anda pakai, penggunaan swap anda biasanya sedikit, tetapi Linux tidak mengetahui hal itu. Untuk memperkecil kegiatan swap ini secara sementara, ketik perintah ini di terminal:
    sudo sysctl -w vm.swappiness=10

Untuk menggunakan setting ini secara permanen, ketik perintah ini (gantikan "gedit" dengan "kate" di sistem berbasis KDE, atau "nano" dan "vi" untuk anda yang suka menggunakan terminal):
    sudo gedit /etc/sysctl.conf

Di sysctl.conf, carilah baris "vm.swappiness=x" dan ubah nilainya menjadi 10, atau tambahkan baris tersebut apabila tidak ada.

Pelajari penggunaan terminal
Anda sudah sering mendengar para pemakai Linux canggih yang mengatakan efisiensi terminal, dan hal ini benar - benar berlaku di Linux. Buatlah sebuah keyboard shortcut untuk terminal anda, belajar beberapa perintah dan belajarlah membuat bash script dan lain - lain.

5 buah tips tambahan
  1. Percepat menu GNOME - modifikasi yang sederhana tetapi efektif, terutama untuk komputer tua.
  2. Percepat OpenOffice - juga berlaku untuk Windows dan Mac.
  3. Percepat startup dan shutdown Ubuntu - panduan ini ditulis untuk Ubuntu Feisty Fawn dan sebelumnya.
  4. Tambahkan kecepatan Ubuntu - beberapa modifikasi di artikel ini, apabila tidak dilakukan dengan benar, membuat sistem anda tidak dapat boot, jadi berhati - hatilah.
  5. Ubah menu GNOME untuk memakai PCMan File Manager - apabila anda tidak ingin bertransisi secara penuh ke PCMan, trik ini meluncurkan browser dari menu GNOME di atas.

No comments:

Post a Comment